Kalahkan Ridwan Kamil, Anies Baswedan Jabat Ketua Umum APPSI 2019-2023

Diterbitkan pada Rabu, 27 November 2019   Dibaca : 79  Kali

     

JAKARTA, (otonominews) - Setelah dua kali dilakukan pemungutan suara atau voting, karena musyawarah tak mencapai mencapai titik temu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023. 

Anies Baswedan menggantikan Ketua Umum APPSI sebelumnya Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Seperti diketahui, Longki Djanggola menjadi ketua umum sementara menggantikan Soekarwo yang telah menyelesaikan jabatan sebagai Gubernur Jawa Timur.

Pemungutan suara melibatkan 23 daerah karena 11 daerah lainnya tak diwakili oleh gubernur, melainkan perwakilan. Dalam proses voting, Anies mengalahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan suara 13 berbanding 9, sementara satu orang gubernur abstain.

Pemilihan tersebut berlangsung dalam Musyawarah Nasional APPSI Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11).

Usai terpilih, Anies Baswedan menyampaikan ucapan terimakasih-nya atas dukungan beberapa kepala daerah. Dia berjanji akan fokus menjalankan sepuluh program kerja yang dirumuskan pada Munas APPSI ke-IV 2019 yang berlangsung selama dua hati tersebut, Senin-Selasa (25-26/11/2019).

"Ini adalah sebuah kehormatan, titipan amanah ini insyaAllah akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya," tutur Anies Baswedan.

Gubernur Anis Baswedan merasa bersyukur para Gubernur se-Indonesia mempercayakan kepadanya menjadi Ketua Umum APPSI periode 2019-2023. 

Dikatakan Anies Baswedan, aspirasi APPSI adalah tentang bagaimana agar pembangunan di daerah itu lebih mendapatkan perhatian, terutama program-program daerah yang harus sinkron dengan Pemerintah Pusat. 

"Pada Musyawarah Nasional APPSI VI tadi 10 program kerja sudah ditetapkan dan itu yang nanti akan kita laksanakan sama-sama. Tim formatur akan segera dibentuk untuk menyusun kepengurusan APPSI 2019-2023. Apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulawesi Tengah Pak Longki Djanggola, Ketua Umum Sementara dan seluruh kepengurusan APPSI periode sebelumnya," urai Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengajak semuanya untuk terus melakukan kolaborasi yang lebih baik antar-pemerintah daerah dengan pemerintah pusat pada tahun-tahun ke depan.

APPSI merupakan asosiasi koordinasi antar-pemprov yang didirikan 6 Juni tahun 2000 di Jakarta. Anggota APPSI adalah pemerintah provinsi yang diwakili oleh gubernur dari 34 wilayah provinsi di Indonesia.

Selain pemilihan ketua umum baru, Munas APPSI 2019 juga diisi dengan arahan dari Mendagri Tito Karnavian. Selain itu ada pembahasan soal rancangan kerja APPSI selama empat tahun ke depan.

Selain Anies Baswedan, beberapa Gubernur ternama juga menghadiri acara ini, seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa, Gubernur Kaltim Isran Noor, hingga Gubernur Sulawesi Selatan HM. Nurdin Abdullah.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Rabu, 27 November 2019         Dibaca:  79 Kali

Back to Top