Gebrakan Gubernur NA, Selamatkan Rp6,5 Triliun Aset dan Keuangan Pemprov Sulsel

Diterbitkan pada Rabu, 16 Oktober 2019   Dibaca : 95  Kali

     

MAKASSAR, (otonominews) - Banyak capaian yang telah diraih Provinsi Sulawesi Selatan sejak berada di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr., (NA). Salah satunya adalah gebrakan penertiban aset dan keuangan daerah yang dilakukan dengan menggandeng Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hingga triwulan ketiga tahun 2019 progresif penghematan keuangan daerah dan penertiban aset berhasil menembus angka yang dinilai sangat fantastis, yakni Rp6,5 triliun. 

"Jumlahnya sangat besar. Aset yang tadinya dikuasai pihak lain, kini kembali dalam penguasaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan," jelas Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Kadis Kominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si., dalam rilisnya yang diterima otonominews, Rabu, (16/10/2019).

Lebih jauh Andi Hasdullah menyebutkan bahwa capaian kinerja penyelamatan aset dan keuangan daerah Sulsel hingga triwulan ketiga itu mencapai angka Rp6,5 triliun yang diperoleh dari penertiban aset Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D).

Dikatakan Andi Hasdullah, Aset P3D tersebut diakumulasikan melalui penertiban aset pemekaran daerah, penertiban aset bermasalah, penertiban fasum fasos, penertiban aset kendaraan dinas dan penagihan tunggakan pajak, termasuk penghematan anggaran yang diperoleh dari pengadaan konsolidasi pengadaan barang dan jasa.

Andi Hasdullah menambahkan,penertiban aset akan terus berlanjut termasuk upaya penerimaan pajak untuk peningkatan pendapatan daerah.

"Korsubgah KPK akan terus melakukan pendampingan sampai  penertiban aset, penghematan anggaran, dan peningkatan penerimaan pajak daerah dapat direalisasikan secara optimal," tegas Andi Hadullah.

Pihaknya sangat berharap, Korsubgah KPK akan terus mengawal apa yang telah menjadi komitmen Gubernur NA untuk menghadirkan tatakelola pemerintahan yang efisien, efektif, dan akuntabel. "Ini merupakan kerja nyata agar bisa menuju Sulsel yang makin maju dan makin sejahteram" pungkas Andi Hasdullah.

Pada kesempatan terpisah, Gubernur NA yang diwawancarai otonominews, Rabu (16/10/2019) menekankan, sejak awal diberi amanah untuk mengemban tugas sebagai Gubernur Sulsel, dirinya telah berkomitmen untuk menertibkan aset milik Pemprov Sulsel. 

"Banyak sekali aset kita yang terbengkalai dan dikuasai pihak ketiga. Oleh sebab itu, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan KPK dalam menertibkan aset Pemprov Sulsel, sudah on progress," tegas Gubernur NA. 

Aset-aset yang dimaksud antara lain Stadion Mattoanging dan beberapa sarana olahraga, Gedung Kantor, Rumah Dinas, Kendaraan Dinas, tanah, dan sebagainya. NA mengatakan, Pemprov akan bekerja secara transparan dalam penertiban tersebut.

"Saya mohon kerjasama seluruh pihak untuk membantu Pemprov Sulsel dalam menertibkan aset. Apabila ada penyalahgunaan aset pemerintah, segera adukan ke kami," pungkasnya.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Rabu, 16 Oktober 2019         Dibaca:  95 Kali

Back to Top