Mendagri Setuju BUMD Rugi Dihapus saja

Diterbitkan pada Rabu, 28 Agustus 2019   Dibaca : 251  Kali

     

JAKARTA (suara-karya.com): Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan sebanyak 70 persen Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM di seluruh Indonesia mengalami kerugian.

Hal itu katakan Tjahjo usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Keuangan Daerah dengan tema ‘Penguatan BUMD Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Sesuai Tata Kelola Perusahaan yang Baik’ di Jakarta, Rabu (28/8/).

Menurut Tjahjo, selama menjabat sebagai Mendagri menemukan 70 persen BUMD PDAM mengalami kerugian

“Kami ingin BUMD itu sehat dan untung sehingga pertumbuhan daerah maju.Selama lima tahun kurang satu bulan (menjabat Mendagri), sudah temukan 70 persen BUMD di seluruh Indonesia itu rugi, yaitu PDAM,” ujarnya.

Mendagri  pun mengaku telah melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga akhirnya mensubsidi PDAM. Sebab, kata dia, jika pemerintah tidak mensubsidi PDAM hal itu dikhawatirkan akan menyebabkan kebangkrutan.

“Saya lapor Presiden dan Menteri Keuangan kalau tidak disubsidi oleh pemerintah pusat, ini collapse, rugi semuanya hampir Rp 5 triliun disubsidi 70 persen PDAM. Kok air bisa rugi, DKI saja rugi, itu contoh kecil,” ujar Mendagri.

Tjahjo mengatakan, seharusnya BUMD PDAM memiliki keuntungan namun keuntungan itu dibagi-bagi.

“Kalau PDAM, harusnya untung, tapi untungnya dibagi-bagi, ya entah dibagi oleh siapa, saya enggak ngomong ya. Ini kok masa semua hampir 70 persen PDAM rugi, total rugi semua, ini kan kasihan,” ucap dia.

Selain itu, Tjahjo juga mengatakan untuk membenahi BUMD yang rugi pihaknya akan menggandeng Otroritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mendagri  juga mengaku setuju BUMD yang merugi dihapus saja dan pemda diminta tidak membentuk BUMD baru. “BUMD-BUMD  harus untung, kalau rugi dihapuskan saja. Ada 1.907 BUMD, sudah banyak yang rugi (tapi) masih ajukan BUMD baru ini harus dicegah,” ujar Tjahjo. (Andreas)

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Rabu, 28 Agustus 2019         Dibaca:  251 Kali

Back to Top