Mendagri Berharap APPSI Bisa Wujudkan Pemerintahan Daerah yang Bersih dari KKN

Diterbitkan pada Senin, 02 Juli 2018   Dibaca : 64  Kali

     

JAKARTA (otonominews.net) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengukuhkan pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang dihadiri para Gubernur se Indonesia di Ruang Flores A Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (2//7/2018).

Pada kesempatan itu Mendagri berharap agar APPSI yang dideklarasikan tanggal 6 Juni 2000 bisa memberikan manfaat dan kontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia.

APPSI, tambah Mendagri, agar menjalankan fungsi berlandaskan pada Konstitusi Negara, peraturan perundang-undangan, dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam lingkungan NKRI.

"Asosiasi ini juga bertujuan mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif dan bertangung jawab," tambah Mendagri. 

Dikatakan, APPSI sebagai wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional berkomitmen membangun pemahaman yang sama dan tajam.

Selain itu, membangun kerjasama, kemitraan yang saling menguntungkan, dan harmonis antara Pemprov dengan Pemerintah. 

Melalui APPSI ini Mendagri berharap bisa mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih dari KKN dengan menghindari area rawan korupsi. 

"APPSI juga diharapkan nendukung cipta kondisi stabilitas politik dalam negeri atas penyelenggaraan pembangunan daerah yang kondusif," ujar Mendagri.

Mendagri juga berharap, Ketua Forkopimda secara terus menerus melakukan koordinasi deteksi dini, pembinaan kerukunan, pengembangan kehidupan berdemokrasi dan pencegahan serta penanganan konflik sosial di daerah.

Selain itu Mendagri berharap para pimpinan daerah, menjamin sinergitas sasaran pokok pembangunan dan arah kebijakan pembangunan yang tertuang dalam RPJMN menjadi prioritas dalam RPJMD terkait. 

"Selain itu para kepala daerah agar menjaga harmonisasi hubungan pusat-daerah dan antar daerah," harapnya.  

Mendagri juga berpesan agar dilakukan penyesuaian alokasi anggaran pembangunan pusat dan daerah

"Di samping itu, optimalisasi potensi dan keanekaragaman daerah," tegasnya.

Saat ini ketua umum APPSI dijabat Gubernur Jatim Soekarwo untuk sisa masa bakti 2015-2019.

Anies Baswedan dalam kepengurusan APPSI yang baru ini, menjabat sebagai Ketua II Bidang Ekonomi dan Kesra. Sementara Waketum APPSI Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, Ketua Bidang Hukum dan Pemerintahan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Senin, 02 Juli 2018         Dibaca:  64 Kali

Back to Top