Kaus '2019 Ganti Presiden' di Debat Cagub, Ini Kata Mendagri

Diterbitkan pada Selasa, 15 Mei 2018   Dibaca : 61  Kali

     

Salatiga - Mendagri, Tjahjo Kumolo, menyayangkan insiden kaus '2019 Ganti Presiden' yang ditampilkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhuu dalam debat Cagub Jabar. Selain meminta para peserta pilkada tidak provokatif, dia juga mendesak Bawaslu untuk bertindak.

"Ini kan memilih calon gubernur. Adu program calon gubernur untuk mempercepat pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat, lha kok kampanye presiden. Walaupun belum menyebutkan nama tapi kan konteksnya berbeda."

Hal tersebut dikatakan Tjahjo usai menjadi pembicara seminar nasional bertema Pemilu (Demokrasi) Bermartabat di Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (15/5/2018). 

Debat tersebut, katanya, tidak menjadi masalah jika menyebutkan ganti gubernur mengingat jabatan gubernur sudah selesai. Namun yang dilakukan justru di luar konteks debat cagub, karena meyangkut suksesi nasional. "Harusnya Bawaslu mengingatkan," tegasnya.

Dia berharap masing-masing pasangan calon untuk tidak melakukan tindakan provokatif. "Tiap calon jangan bertindak provokatif. Membangun iklim sejuk, jangan merangsang masyarakat untuk menjungkirbalikan etika berpolitik. Hargai perbedaan politik," lanjut mantan Sekjen PDI Perjuangan tersebut.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan menjelang dilangsungkan Pemilu, pemerintah juga telah melakukan pemetaan sampai detail area-area yang kemungkinan rawan berpotensi konflik. "Termasuk DPT, masalah E-KTP yang belum selesai, sudah kita petakan," katanya.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Selasa, 15 Mei 2018         Dibaca:  61 Kali

Back to Top