Pemkab Bolsel Belum Bisa Salurkan Dana Desa Tahap Dua

Diterbitkan pada Kamis, 10 Mei 2018   Dibaca : 75  Kali

     

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebagian desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) sudah memasukan berkas pengajuan pencairan Dana Desa (Dandes) tahap II tahun 2018.

Sayangnya proses pencairan belum bisa dilakukan karena masih menunggu dana dari pemerintah pusat ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

Judhiet Usup, Kepala Bidang Perimbangan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) , menjelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh daerah.

"Satu diantarannya adalah laporan konsolidasi realisasi penyerahan tahun sebelumnya dari masing-masing desa sudah harus dimasukan secara keseluruhan," ujarnya.

Sementara kata dia, untuk laporan konsolidasi masih ada satu desa yaitu Desa Pidung yang sudah memasukan tapi belum melakukan rekon.

"Jadi kami masih menunggu kesiapan dari desa ini," ujarnya.

Judhiet, menjelaskan penetapan syarat dan ketentuan pencairan dana transfer tahap II ini, semua sesuai dengan Permenkeu Nomor 225/PMK.07/2017 tentang perubahan kedua atas Permenkeu Nomor 50/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan Dandes.

"Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa pencairan tahap II memiliki syarat yang harus terpenuhi oleh daerah," ujarnya.

Yang dimaksud pada poin tersebut, laporan realisasi penyaluran dana desa tahun anggaran sebelumnya, laporan konsolidasi realisasi penyerapan, dan capaian output dana desa tahun anggaran sebelumnya.

"Jadi kendala kami tinggal di satu desa tersebut, jika selesai maka anggaran tersebut langsung masuk ke daerah," ujarnya.

 

 

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Kamis, 10 Mei 2018         Dibaca:  75 Kali

Back to Top