Pemkab Susun KUA-PPAS Perubahan APBD

Diterbitkan pada Rabu, 18 April 2018   Dibaca : 314  Kali

     

Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) akan dibahas dalam waktu dekat. Saat ini tim anggaran Pemkab Sidoarjo sedang menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD 2018 itu. Dalam PAK itulah, sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD tahun 2017 sebanyak Rp 864 miliar akan kembali digunakan. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono mengatakan, penyusunan KUA-PPAS mempertimbangkan program apa saja yang akan mendapatkan tambahan anggaran dari Silpa. “Harus program prioritas dan dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya. 

Misalnya, untuk pembangunan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan beton, frontage road, atau normalisasi sungai. Menurut dia, ketiganya berhubungan sangat dibutuhkan masyarakat karena demi kelancaran lalu lintas dan daerah bebas banjir. Selain mempertimbangkan masalah prioritas, waktu pengerjaan juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pihaknya tidak ingin anggaran kembali tidak terserap karena waktu pengerjaan yang terlalu mepet. Sehingga Silpa dikhususkan untuk program yang sudah berjalan. “Kecil kemungkinan digunakan untuk program baru,” imbuhnya. 

Setali tiga uang dengan Agoes, Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo Achmad Zaini menyebutkan bahwa dana tidak terserap akan diserahkan untuk program pembangunan. Sebab, menurutnya, banyak pembangunan fisik yang membutuhkan dana tambahan. Dengan begitu pembangunan akan lebih cepat selesai.Selain itu, dana Silpa juga bisa digunakan untuk menuntaskan masalah kesehatan dan pendidikan. Salah satunya adalah perbaikan sekolah yang saat ini baru bisa menyelesaikan di tingkat SD. “Saat ini masih kami susun, secepatnya segera disampaikan ke DPRD,” pungkasnya. 

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Rabu, 18 April 2018         Dibaca:  314 Kali

Back to Top