Mendagri akan Fasilitasi KPK Bertemu Semua Calon Kepala Daerah

Diterbitkan pada Senin, 26 Februari 2018   Dibaca : 139  Kali

     

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan memfasilitasi KPK bertemu seluruh calon kepala daerah di Pilkada 2018. Pertemuan itu akan dilakukan dalam satu bulan ke depan. 

"Kami akan memfasilitasi keinginan KPK untuk ketemu dengan seluruh pasangan calon baik, pasangan calon provinsi, pasangan calon bupati, wali kota. Mungkin dalam satu bulan ke depan tim KPK akan turun," kata Tjahjo di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Tjahjo menyatakan hal itu usai bertemu dengan pimpinan KPK bersama dengan 4 pelaksana tugas dan penjabat gubernur. Pertemuan antara KPK dengan para calon kepala daerah itu akan membahas pencegahan korupsi yang harus dipahami para calon.

 

"Menyampaikan arahan-arahan khususnya yang berkaitan dengan pencegahan yang berkaitan dengan pemidanaan atau hal-hal lain yang harus dipahami oleh para calon kepala daerah," ujarnya. Sementara, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyatakan ada sejumlah tahapan pengawasan yang dilakukan KPK. Tahap pertama terkait pencegahan mahar politik.

"Sekarang ini adalah tentang yang ada hubungannya dengan penyelenggara pemilu, KPU seperti yang dilakukan di Garut kemarin oleh Polri. Yang berikut nanti adalah pada saat pemilihan dan saksi di TPS-TPS. 

Terakhir, lanjut Laode, berkaitan dengan gugatan di Mahkamah Konstitusi usai pengumuman KPU. "Jadi tahapan pemantauannya sedang berjalan sampai dengan terpilih gubernur definitif," ucap Syarif.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Senin, 26 Februari 2018         Dibaca:  139 Kali

Back to Top