Jokowi Ingin Program Dana Desa Buka Banyak Lapangan Kerja

Diterbitkan pada Kamis, 09 November 2017   Dibaca : 42  Kali

     

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan keinginannya agar program pemanfaatan dana desa dan program kementerian yang dikucurkan ke daerah berupa proyek padat karya. 

"Dilakukan secara swakelola sehingga bisa menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya di desa dan di daerah serta menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya," tutur Presiden Jokowi saat memimpin rapat membahas optimalisasi lapangan kerja di desa, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Untuk mewujudkan itu, Jokowi meminta kementerian/lembaga yang memiliki program di desa dikonsolidasikan lagi, baik dari sisi perencanaan maupun anggaran. 

Dia menjelaskan konsolidasi tersebut bertujuan agar program kementerian dapat mengurangi kemiskinan dan membuka lapangan kerja di pedesaan.

Menurut Jokowi, seharusnya dana yang mengalir bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan mengentaskan kemiskinan yang lebih luas. 

"Saya mengingatkan program ini karena program padat karya tunai adalah untuk pembangunan infrastruktur fisik yang sifatnya jangka pendek," ucap mantan Wali Kota Solo itu. 

Jokowi juga ingin dana desa diperkuat dari program kementerian di desa untuk mengembangkan program-progam unggulan yang bisa digunakan sebagai motor penggerak ekonomi.

"Membuka lapangan kerja di daerah atau di desa mulai dari industri kecil menengah budidaya perikanan dan sebagainya, dan juga perlu pelatihan perlu pendampingan agar dapat menggali potensi-potensi yang ada di desanya," ucapnya.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Kamis, 09 November 2017         Dibaca:  42 Kali

Back to Top