Konsolidasi Pencapaian Program Prioritas Nasional BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah Tahun 2017

Diterbitkan pada Kamis, 19 Oktober 2017   Dibaca : 96  Kali

     

JAKARTA – Dalam rangka penguatan peran pemerintah daerah dalam pembinaan BUMD,BLUD dan BMD, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Konsolidasi Pencapaian Program Prioritas Nasional Badan Usaha Milik Daerah(BUMD), Badan Layanan Umum Daerah(BLUD) dan Barang Milik Daerah Tahun 2017, dilaksanakan di Mercure Convention Center Ancol Jakarta, Kamis (19/10).

Mewakili Menteri Dalam Negeri, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo memberikan sambutan pengaraharan sekaligus membuka acara secara resmi.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan agenda Nawa Cita pemerintahan Bapak Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai program prioritas nasional yang menjadi urusan Kemendagri, khususnya Ditjen Bina Keuangan Daerah.

“Saya ingin mengajak para pemangku kepentingan dilingkungan pemerintah daerah untuk membangun daerahnya, dengan menindaklanjuti Program Prioritas Nasional yang telah dicapai, melalui konsolidasi Penguatan Peran Pemerintah Daerah dalam Pembinaan BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah guna  meningkatkan pelayanan publik, Pendapatan Asli Daerah dan kesejahteraan rakyat”. ungkap Hadi Prabowo.

Pelaksanaan kegiatan konsolidasi ini berlangsung sejak tanggal 18 – 20 Oktober 2017. Kegiatan yang di hadiri oleh 1000 (seribu) peserta yang terdiri atas Sekda Provinsi, Sekda Kabupaten dan Kota, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Provinsi, Kepala Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten dan Kota; Kepala Biro Perekonomian Provinsi, Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten dan Kota; Direktur Rumah Sakit Daerah Se Indonesia, dan Pembantu Pengelola Barang provinsi dan kabupaten/kota sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Dalam rangka konsolidasi tersebut, beberapa hal yang perlu dilakukan pemerintah daerah, adalah menyiapkan kebijakan teknis dalam implementasi pengelolaan BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah, melakukan penguatan peran Pemda dalam pembinaan BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah, meningkatkan kapasitas SDM pengelola BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah; dan mengalokasikan anggaran pada APBD sebagai dukungan pengelolaan BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah. Keuda::.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Kamis, 19 Oktober 2017         Dibaca:  96 Kali

Back to Top