Mendagri: Menjaga Kedaulatan Tugas Seluruh Elemen Bangsa

Diterbitkan pada Jumat, 06 Oktober 2017   Dibaca : 27  Kali

     

Menteri Dalam Negeri Tjahjo mengatakan pidato Presiden Jokowi soal mempertahankan Pancasila tak hanya untuk TNI. Mempertahankan dasar negara merupakan kewajiban seluruh banga Indonesia.

"Tak hanya kepada TNI tapi juga seluruh bangsa Indonesia bahwa menjaga kedaulatan dan mempertahankan Pancasila serta UUD adalah harga mati," kata Tjahjo di Dermaga Pelabuhan Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).

Menurut Tjahjo, Jokowi telah meringkas pengamalan sapta marga dari Panglima Besar Jenderal Sudirman. Terlebih usia TNI yang hampir sama dengan kemerdekaan Indonesia. 

"Di situasi negara yang berusia hampir sama dengan TNI, Pak Jokowi berusaha membangun komitmen untuk menjaga kedaulatan adalah harga mati bukan hanya bagi TNI tapi seluruh elemen bangsa," jelas Tjahjo. 

Sebelumnya, Jokowi berpesan kepada seluruh prajurit TNI untuk patuh dan tunduk hanya untuk kepentingan negara. Ia berpesan supaya TNI tak masuk ke kancah politik praktis.

"TNI adalah milik nasional yang berada di atas semua golongan, yang tak terkotak-kotak dengan kepentingan politik yang sempit dan tak masuk ke kancah politik praktis. Yang selalu menjamin netralitas politik di NKRI ini," ujar Jokowi dalam pidatonya di HUT TNI ke 72.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Jumat, 06 Oktober 2017         Dibaca:  27 Kali

Back to Top