Kota Palembang Raih Adipura 2017

Diterbitkan pada Jumat, 04 Agustus 2017   Dibaca : 136  Kali

     

INFO BISNIS - Tekad Pemerintah Kota Palembang menjaga penghargaan Adipura kembali membuahkan hasil. Pada penilaian Adipura 2007, kota tersebut mampu mempertahankan penghargaan Adipura untuk ke-11 kali. Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan keberhasilan tersebut tak lepas dari upaya revolusi mental dan mengkoordinasi potensi yang ada. "Kami melakukan revolusi mental dengan kegiatan gotong royong secara kontinyu. Kami kerja bakti serentak di setiap kelurahan demi menjaga kebersihan. Langkah bergotong royong juga merupakan salah satu upaya kami dalam merombak perilaku masyarakat kerap membuang sampah sembarangan, tidak disiplin, dan tidak bertanggung jawab terhadap kebersihan," katanya.

Pemkot juga melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan berbagai program, tak hanya yang berkaitan dengan kebersihan. Menurut Harnojoyo, target pemkot bisa terwujud karena melakukan sinergi dengan semua pihak, misalnya melalui kegiatan gotong royong dengan melibatkan semua pihak dan instansi, seperti TNI, Polri, kejaksaan, dan perbankan. Dengan kegiatan bersama-sama tersebut, Kota Palembang sukses mempertahankan Adipura Kencana yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2 Agustus 2017.  Atas pencapaian tersebut, Harnojoyo berterima kasih kepada segenap masyarakat Palembang yang selama ini telah mendukung berbagai program dan kegiatan Pemkot Palembang, termasuk terus bersama-sama menjaga kebersihan Kota Palembang. Selain mendapatkan penghargaan Adipura, Kota Palembang menerima penghargaan plakat Taman Kota Terbaik secara nasional. Karena itu, Harnojoyo mengajak agar ke depan masyarakat Kota Palembang menjaga kelestarian dan kebersihan taman-taman kota. Kota Palembang berada di posisi pertama untuk kota metropolitan.

Upaya mempertahankan Adipura tidak mudah lantaran persyaratan yang ditentukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan cukup berat. Terdapat ratusan titik pantau yang dinilai meliputi pasar tradisional, kantor kecamatan dan kelurahan, jalan protokol, pertokoan, sekolah, rumah sakit, puskesmas, perkantoran pemerintah, drainase, dan sungai. Ditambah dengan kondisi Palembang saat ini yang lagi banyak pembangunan.

Harnojoyo menegaskan upaya membangun dan menjaga kebersihan Kota Palembang bukan semata mengejar penghargaan, seperti Adipura. Meski demikian, ia meyakini penghargaan Adipura mampu menjadi pemacu untuk terus mempertahankan Kota Palembang tetap bersih, rapi, indah, dan nyaman bagi masyarakat.

 

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Jumat, 04 Agustus 2017         Dibaca:  136 Kali

Back to Top