Pemda Harus Libatkan Perguruan Tinggi untuk Susun Kebijakan

Diterbitkan pada Kamis, 08 Juni 2017   Dibaca : 74  Kali

     

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta jajaran pemerintah daerah melibatkan perguruan tinggi dalam mengambil keputusan politik pembangunan.

Tjahjo mengatakan, kampus memiliki peranan strategis dalam membangun bangsa. Karena itu, setiap pengambilan kebijakan politik pembangunan daerah, pemerintah daerah (Pemda) wajib hukumnya  bersinergi dengan perguruan tinggi setempat.

“Perguruan tinggi adalah mitra strategis pemerintah dan Pemda provinsi, kabupaten dan kota khususnya,” ujar Tjahjo dalam pesan teks, Jumat (2/6/2017).

Kata dia, perguruan tinggi ini tak hanya berhubungan dengan mahasiswa, tapi juga berbagai disiplin ilmu dengan berbagai kegiatan diajarkan di sana. Kampus-kampus ini juga dinilai bisa lebih menyatu dengan semua elemen masyarakat.

“Makanya, dalam Musrenbang dan penelitian-penelitian di daerah, Pemda diwajibkan membangun sinergi dengan perguruan tinggi setempat,” paparnya.

Tjahjo menambahkan, keterlibatkan perguruan tinggi ini, diharapkan secara kritis dan konseptual dapat memberi masukan kepada Pemda, terlebih dalam proses penyusunan RPJMD, perencanaan anggaran, dan Perda.

“Serta dapat ikut mengawasi secara komprehensif, kritis terkait kebijakan Pemda. Ini yang Kemendagri ingin membangun sinergitas dengan Perguruan Tinggi,” tutup Tjahjo. 

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Kamis, 08 Juni 2017         Dibaca:  74 Kali

Back to Top