Tahun Ini Anggaran Proyek Infrastruktur Brebes Dipangkas Rp 29 Miliar

Diterbitkan pada Kamis, 20 April 2017   Dibaca : 71  Kali

     

inas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes bakal mengurangi jumlah kegiatan proyek-proyek infrastruktur di Pemerintah Kabupaten Brebes pada tahun anggaran 2017 ini.

Kepala Bidang Bina Marga DPU Brebes, Dani Asmoro mengatakan proyek jembatan dan jalan yang menjadi kewenangan Pemkab Brebes akan berkurang lantaran untuk membayar utang kepada penyedia jasa atau kontraktor.

"Anggaran untuk proyek tahun 2017 ini dipangkas hingga Rp 29 miliar lebih. Anggaran yang seharusnya dipakai untuk kegiatan proyek tahun ini dibayarkan kepada para penyedia jasa," kata Dani, Kamis (20/4/2017).

Dengan adanya pemangkasan anggaran proyek, tegasnya, sudah otomatis pula jumlah kegiatan proyek di bidangnya turut pula berkurang.

Menurutnya, sebelumnya, ada anggaran sekitar RP 164 miliar yang dipakai untuk membiayai proyek lelang jembatan dan jalan. Karena ada pemangkasan untuk membayar utang, sehingga total seluruh proyek anggarannya menjadi Rp 135 miliar.

"Awalnya, ada 32 paket pekerjaan lelang di Bidang Bina Marga. Tapi, adanya pemangkasan anggaran hanya ada 22 proyek yang dilelang melalui dana APBD Pemkab Brebes, Dana Infrastruktut Daerah (DID) dan Dana Alokasi Khusus (DAK)," jelasnya.

Ia menambahkan, pembayaran tersebut sudah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Brebes.

Meskipun ada pemangkasan anggaran karena utang tersebut, ada proyek lelang yang didanai melalui Bantuan Gubernur (Bangub) dan jumlahnya ada sebanyak 13 paket lelang. Dengan demikian, di tahun anggaran ini ada sebanyak 35 proyek yang akan dikerjakan penyedia jasa melalui proses lelang.

Sementara, Kepala Seksi Peningkatan Jalan dan Jembatan DPU, Leo Alamudin mengatakan saat ini, proses lelang sudah mulai tahap administrasi. Diharapkan, pada pertengahan Mei 2017 proyek tersebut sudah bisa dilaksanakan oleh para pemenang lelang atau tender.

"Dengan demikian, seluruh rencana proyek melalui tender atau lelang di 2017 ini, semuanya bisa dilaksanakan dengan baik. Diharapkan, tidak ada kendala dalam setiap tahapan pelaksanaannya," tegasnya.

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Kamis, 20 April 2017         Dibaca:  71 Kali

Back to Top