Penyusunan Anggaran Pemkot Batu Sekarang Wajib Taati Standar Ini

Diterbitkan pada Senin, 17 April 2017   Dibaca : 134  Kali

     

Tuntutan transparansi dan akuntabilitas atas pengelolaan keuangan daerah semakin meningkat. Untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut, cara pengelolaan keuangan daerah harus dijalankan secara ekonomis, efisien, dan efektif.

Salah satu cara yang ditempuh Pemkot Batu dalam pengelolaan keuangan secara ekonomis, efisien, dan efektif adalah dengan menyusun standar biaya yaitu Analisis Standar Belanja (ASB).

Kasubag Penyusunan Program Bagian Ekonomi Pembangunan Pemkot Batu, Dwi Nova, mengatakan penerapan ASB pada dasarnya akan memberikan manfaat. Antara lain, dapat menentukan kewajaran belanja untuk melaksanakan suatu kegiatan sesuai dengan Tupoksinya.

Serta meminimalisir terjadinya pengeluaran yang kurang jelas yang mengakibatkan inefisiensi anggaran.

"Unit kerja mendapat keleluasaan yang lebih besar untuk menentukan anggarannya sendiri dan bisa mengusulkan kembali anggaran yang tidak tercover," kata Nova, Minggu (16/4/2017).

Nantinya Pemkot Batu akan menerapkan penyusunan anggaran berbasis Web. Setiap SKPD dituntut mengusulkan anggaran belanja selengkap-lengkapnya. 

Nova mencontohkan, pembelian semen saat pengerjaaan kontruksi harus memiliki standar harga yang sama, termasuk upah (harga satuan pokok kegiatan).

  Sumber:          Diterbitkan pada:  Senin, 17 April 2017         Dibaca:  134 Kali

Back to Top